Kelompok 1 hakikat,tujuan, fungsi sarana dan prasarana pendidikan jasmani
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan MAKALAH yang berjudul “HAKIKAT,TUJUAN DAN FUNGSI SARANA DAN PRASARANA PENJAS“
Kami menyadari dalam menyelesaikan penyusunan MAKALAH telah mendapat bimbingan,dan bantuan dari berbagai pihak oleh sebab itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah mendukung tersebut.
Kami juga menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari sempurna, sehubung dengan hal tersebut maka kami berharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi kelancaran ilmu pengetahuan diwaktu yang akan datang. Kami juga berharap bahwa makalah ini akan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………... 1
DAFTAR ISI……………………………………………………………...... 2
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………..... 3
Latar belakang………………………….....…………....................... 3
Rumusan masalah…………………………....…………………...... 4
Tujuan …………………………………………………………....... 4
Manfaat………………………………………….………………..... 4
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………....... 5
Hakikat sarana dan prasarana penjas…………….......……...…....... 5
Tujuan sarana dan prasarana penjas………………….......……........ 8
Fungsi sarana dan prasarana penjas………………………............... 11
BAB III PENUTUP……………………………………..........………......... 13
Kesimpulan……………….…………………………………........... 13
Saran……………………….…………………………………......... 13
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………........ 14
BIOGRAFI……………………………………………………………......... 15
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotor, kognitif, dan afektif setiap siswa.. Akan tetapi, untuk melakukan Pendidikan jasmani harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai yang harus ada dimana Sarana pendididkan jasmani pada dasarnya merupakan segala sesuatu yang sifatnya tidak permanen, dapat dibawa kemana-mana atau dipindahkan dari satu tempat ketempat lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001: 999) dijelaskan, “Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan”. Contoh: bola, raket, pemukul, tongkat, balok, raket tennis meja, shattle cock, dll. Sarana atau alat sangat penting dalam memberikan motivasi pesertadidik dengan sungguh-sungguh dan akhirnya tujuan aktivitas dapat tercapai.sedangkan Prasarana pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat permanen. Kelangsungan proses belajar mengajar pendidikan jasmani tidak terlepas dari tersedianya prasarana yang baik dan memadai. Prasarana yang baik dan memadai maka proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat berjalan dengan baik.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1) Apakah Hakikat sarana dan prasarana pendidikan jasmani?
2) Apaka tujuan dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani?
3) Apaka fungsi sarana dan prasarana pendidikan jasamani?
Tujuan Permasalahan
Adapun tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini, yaitu sebagai berikut:
Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah Sarana dan Prasarana Olahraga.
Sebagai salah satu bentuk pengetahuan tentang hakikat tujuan dan fungsi Sarana dan Prasarana Olahraga.
Manfaat
a. Untuk mengetahui seperti apa sarana dan prasarana pendidikan jasmani
b. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi dari sarana dan prasaranapendidikan jasmani
c. Menambah wawasan tentang pendidikan jasmani
BAB II
PEMBAHASAN
Hakikat Sarana Dan Prasarana Penjas
Sarana dan prasarana diibaratkan sebagai motor penggerak yg dpt berjalan dengan kecepatan sesuai dgn keinginan oleh
Komentar
Posting Komentar