Kelompok 1 hakikat,tujuan, fungsi sarana dan prasarana pendidikan jasmani

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan  MAKALAH yang berjudul “HAKIKAT,TUJUAN DAN FUNGSI SARANA DAN PRASARANA PENJAS“
Kami menyadari dalam menyelesaikan penyusunan  MAKALAH telah mendapat bimbingan,dan bantuan dari berbagai pihak oleh sebab itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang  telah mendukung tersebut.
Kami juga menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari sempurna, sehubung dengan hal tersebut maka kami berharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi kelancaran ilmu pengetahuan diwaktu yang akan datang. Kami  juga berharap bahwa makalah ini akan bermanfaat   bagi para pembaca sekalian.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………... 1
DAFTAR ISI……………………………………………………………...... 2
BAB  I PENDAHULUAN………………………………………………..... 3
Latar belakang………………………….....…………....................... 3
Rumusan masalah…………………………....…………………...... 4
Tujuan …………………………………………………………....... 4
Manfaat………………………………………….………………..... 4
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………....... 5
Hakikat sarana dan prasarana penjas…………….......……...…....... 5
Tujuan sarana dan prasarana penjas………………….......……........ 8
Fungsi sarana dan prasarana penjas………………………............... 11
BAB III PENUTUP……………………………………..........………......... 13
Kesimpulan……………….…………………………………........... 13
Saran……………………….…………………………………......... 13
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………........ 14
BIOGRAFI……………………………………………………………......... 15

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotor, kognitif, dan afektif setiap siswa.. Akan tetapi, untuk melakukan Pendidikan jasmani harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai yang harus  ada dimana Sarana pendididkan jasmani pada dasarnya merupakan segala sesuatu yang sifatnya tidak permanen, dapat dibawa kemana-mana atau  dipindahkan dari satu tempat ketempat lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001: 999) dijelaskan, “Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan”. Contoh: bola, raket, pemukul, tongkat, balok, raket tennis meja, shattle cock, dll. Sarana atau alat sangat penting dalam memberikan motivasi pesertadidik dengan sungguh-sungguh dan akhirnya tujuan aktivitas dapat tercapai.sedangkan Prasarana pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat permanen. Kelangsungan proses belajar mengajar pendidikan jasmani tidak terlepas dari tersedianya prasarana yang baik dan memadai. Prasarana yang baik dan memadai maka proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat berjalan dengan baik.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah  yang akan dibahas dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1)  Apakah Hakikat sarana dan prasarana pendidikan jasmani?
2)  Apaka tujuan dari sarana  dan prasarana  pendidikan jasmani?
3)  Apaka  fungsi  sarana dan prasarana  pendidikan  jasamani?
Tujuan  Permasalahan
Adapun tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini, yaitu  sebagai berikut:
Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah Sarana dan Prasarana Olahraga.
Sebagai salah satu bentuk pengetahuan tentang hakikat tujuan dan fungsi Sarana dan Prasarana Olahraga.
Manfaat
a. Untuk mengetahui seperti apa sarana dan prasarana pendidikan   jasmani
b. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi dari sarana dan prasaranapendidikan  jasmani
c. Menambah wawasan tentang pendidikan jasmani

BAB II
PEMBAHASAN
Hakikat Sarana Dan Prasarana Penjas
Sarana dan prasarana diibaratkan sebagai motor penggerak yg dpt berjalan dengan kecepatan sesuai dgn keinginan oleh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usaha Kesehatan sekolah (UKS)

Sistem belajar mengajar klasikal

Kesehatan Pribadi